Rabu, Maret 10, 2010

KIAT MENGHADAPI UNAS 2010

Belajar, Berdoa, dan Restu Orang Tua

Siapkan Mental
Untuk menghadapi UN 2010, kamu membutuhkan persiapan mental. Jangan cemas menghadapi UN. Rasa cemas hanya akan meruntuhkan mentalmu.


Untuk menghilangkan rasa cemasmu, ikuti tips di bawah ini.
a. Belajarlah secara rutin, hindari model belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)
Model belajar semacam ini tidak membuatmu lebih baik. Ingat, kemampuan otak setiap orang ada batasnya. Belajar semacam ini justru merugikan buatmu. Selain staminamu akan terkuras habis, tidak banyak pula ilmu yang dapat kamu serap.
b. Perbanyak latihan mengerjakan soal
Berlatih mengerjakan soal akan membuatmu terbiasa berhadapan dengan soal-soal ujian. Soal latihan yang dimaksud di sini bukan sekadar kumpulan soal yang tidak jelas standarnya. Carilah soal-soal latihan yang model dan tipenya mendekati soal-soal UN. Dengan cara itu kamu dapat mengenali karakteristik soal yang biasa diujikan dalam UN. Akan lebih baik lagi jika soal-soal tersebut mengacu kisi-kisi UN. Buku Detik-Detik Ujian Nasional akan membantumu dalam hal ini karena soal-soal yang ada di dalamnya telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN 2010. Dengan mempelajari Detik-Detik Ujian Nasional secara benar, yakinlah kamu dapat menaklkukkan UN 2010!
c. Bayangkan kesuksesan
Bayangkan, jika kamu sukses menghadpi UN, orang tua dan gurumu akan sangat bangga. Orang lain tidak bisa memandang remeh kemampuanmu. Dan, ini yang penting: Kamu bisa melanjutkan jenjang pendidikan yang ternama. Bayangkan itu.
d. Motivasilah diri dengan bahasa yang positif
Katakan: “Saya pasti berhasil menaklukkan UN 2010!” “UN 2010 bukan sesuatu yang harus ditakuti!” Katakan itu sesering mungkin. Kata-kata itu akan membuat energimu tersengat dan kamu akan mantap menghadapi UN 2010.
e. Berdoalah
Doa mempunyai kekuatan yang luar biasa asal dibarengi dengan kesungguhan dan keyakinan bahwa doa itu pasti terkabul.

Jaga Kesehatan
Satu lagi yang harus kamu ingat, mulai detik ini jagalah kesehatanmu. Jangan sampai ketika tiba waktunya menghadapi UN, kamu justru menderita sakit. Ini bisa fatal. Persiapan mentalmu menjadi tidak berguna lagi kalau kamu sakit. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus menjaga kebugaran tubuhmu. Jika tubuhmu senantiasa bugar, penyakit engan menghampirimu.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatanmu.
a. Rajinlah berolahraga
Agar tubuhmu tetap bugar, rajinlah berolahraga. Nggak perlu olahraga berat. Yang ringan-ringan saja asal rutin misalnya jalan pagi atau lari pagi. Luangkan waktu 1-2 jam untuk berolahraga.
b. Terapkan pola hidup sehat
Pola hidup juga berpengaruh terhadap kesehatan. Terapkan pola hidup sehat agar tubuhmu senantiasa bugar. Istirahatlah yang cukup. Hindari begadang hingga larut malam sekalipun itu untuk belajar.
c. Penuhi kebutuhan gizi
Tubuhmu perlu nutrisi. Makanlah makanan yang bergizi agar kebutuhan nutrisi tubuhmu terpenuhi. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan otak dan tubuhmu.
d. Minum air putih
Selain murah, air putih terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, banyaklah minum air putih.

Detik-Detik UN Tiba
a. Malam hari tanggal 28 Maret 2010
§ Pastikan perlengkapan ujian (alat tulis dan kartu ujian) telah siap dibawa besok pagi
§ Ulangi sekali lagi latihan soal untuk mata pelajaran yang diujikan besok pagi
§ Jangan tidur terlalu larut
§ Berdoa sebelum tidur
b. Pagi hari tanggal 29 Maret 2010
§ Bangun lebih awal
§ Jika memungkinkan, ulangi lagi hal-hal yang dipelajari tadi malam
§ Jangan lupa sarapan
§ Mintalah doa restu kepada orang tua sebelum berangkat
§ Berangkat dengan kepercayaan yang tingi dan yakin pasti bisa
§ Perhitungkan waktu agar tidak terlambat tiba di sekolah
c. Saat menghadapi soal UN
§ Tenang, jangan tegang
§ Jangan hiraukan keadaan sekeliling yang dapat meruntuhkan semangat dan percaya diri
§ Usahakan tetap konsentrasi pada soal yang dikerjakan

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KESUKSESAN UN

1. LJK (Lembar Jawab Komputer)
Pada UN 2010 nanti, kamu harus mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK). LJK tersebut berisi data tentang mata pelajaran yang diujikan, data pribadimu, dan hasil jawabanmu. LJK ini sangat penting, jadi sebelum mengisi ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu kamu lakukan ketika menerima LJK sebagai berikut.
Untuk lebih jelasnya perhatikan bagian LJK di bawah ini. Yang ditandai lingkaran biru, penting kamu perhatikan. ( nama kamu, nomor peserta, paket soal, dan tanda scan di bagian kiri ljk warna hitam kotak-kotak )

Pastikan LJK yang kamu terima masih dalam keadaan baik (tidak ada coretan, tidak terlipat, tidak robek, dan masih utuh):
1. Mark-mark hitam di LJK bagian atas dan samping kiri harus tercetak sempurna.
2. Pemotongan LJK harus tepat pada penanda potongan. Jika pemotongan terlalu masuk atau keluar lebih dari 1 milimeter, beresiko LJK tidak terbaca dengan baik.
3. Jika LJK-mu dalam keadaan tidak semestinya, segera tukarkan kepada pengawas.
LJK diisi dengan cara menghitamkan bulatan yang sesuai, dengan menggunakan pensil 2B for Computer. Yang perlu diperhatikan dalam menghitamkan bulatan:
1. Hitamkan bulatan dengan penuh dan jangan keluar batas bulatan.
2. Untuk pengisian identitas (Nama, Nomor Peserta, Tanggal Lahir dan kode soal), pada setiap kolom (vertical) hanya boleh diisi 1 (satu) pilihan yang sesuai dengan huruf atau angka yang kamu tulis pada kotak-kotak di atasnya.
3. Untuk Pengisian mata pelajaran dan alternatif jawaban, hanya boleh diisi satu pilihan yang sesuai. Bila diisi ganda, jawaban tersebut tidak terbaca computer.

2. Alat Tulis
· Gunakan pensil 2B for Computer. Jika tidak ada tulisan “for computer” mungkin pensil tersebut belum dilakukan pengetesan.
· Jangan menggunakan pensil yang asal murah.
· Pilih pensil yang enak dipakai dan tidak melelahkan. Pensil 2B for computer merah Lyra adalah contoh produk pensil 2B for computer yang enak dipakai. Pensil ini berpenampang segi tiga. Bentuk segi tiga sangat sesuai dengan anatomi jari anak menulis, sehingga dengan pensil segi tiga, jari-jari tidak kena bagian sudut dari penampang pensil. Pensil ini sudah teruji.
· Gunakan penggaris Ujian Nasional ketika menghitamkan bulatan. Dengan menggunakan penggaris ini arsiran pensil terjamin tidak keluar dari bulatan; dan bisa mempercepat proses.
· Usahakan sesedikit mungkin menghapus.
· Jika harus menghapus, hasil hapusan harus betul-betul bersih. Gunakan penghapus yang berkualitas. Untuk menghindarkan kerusakan LJK akibat dari meja berlubang, gunakan alas LJK.

1 komentar:

  1. kiat yang bagus pak.
    terima kasih.... akan saya praktekan

    BalasHapus